Review kelima Jurnal mengenai Internet Banking di Indonesia (Bank & Lembaga Keuangan)

Berbicara mengenai Internet Banking, tentu sudah akrab ditelinga masyarakat perkotaan di Indonesia, khususnya Jakarta. Masyarakat perkotaan umumnya ingin bertransaksi dengan cepat, tanpa harus mengantri berjam-jam di bank. Seiring berkembangnya ilmu teknologi, timbulah suatu inovasi yang dinamakan Internet Banking. Internet Banking menjawab kebutuhan manusia untuk melakukan transaksi dengan cepat, aman, bisa dilakukan dimana saja & kapan saja, tanpa harus mengantri lama-lama di Bank.

Berikut Definisi Internet Banking menurut Para Ahli :

Menurut Standard Bank (2001) di dalam Yusnaini (2010), bahwa Internet banking merupakan jasa perbankan jarak jauh yang ditawarkan kepada pelanggan personal bank untuk melakukan transaksi perbankan rutin melalui internet.

Menurut Cheung (2001) didalam Yusnaini (2010), Internet Banking merupakan suatu sistem yang memungkinkan nasabah bank untuk mengakses rekening dan informasi umum produk dan jasa suatu bank melalui Personal Computer (PC) dan alat pandai lainnya

Menurut Herington & Weaven (2007) didalam Yusnaini (2010), internet banking adalah bentuk e-layanan di mana pelanggan dapat belajar langsung antara elektronik dan layanan pelanggan dan hal ini secara signifikan dipengaruhi oleh kinerja pelanggan.

Menurut Bassel Commitee (2003) didalam Sugiarto (2012) mendefinisikan e-banking adalah penyediaan jasa perbankan pada sektor retail dan skala kecil melalui saluran elektronik.

Menurut Lin et al,, (2005) didalam Sugiarto (2012), menyatakan bahwa Internet banking adalah  Penyediaan jasa ini dirasakan memberikan manfaat/ keuntungan baik bagi bank maupun nasabahnya, dalam hal efisiensi biaya.

 

Setelah diciptakannya Internet Banking, manfaat dan keuntungannya mulai terasa terhadap nasabah yang menggunakan layanan tersebut. Berikut manfaat dan keuntungan menggunakan Internet Banking :

  1. Transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan aman
  2. Dapat melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja selama terkoneksi oleh jaringan internet.
  3. Dapat mengawasi aktivitas perbankan yang kita lakukan, seperti cek saldo dan mutasi uang yang ada pada rekening kita.
  4. Dapat melakukan tarik tunai pada ATM, tanpa harus ke bank melalui Teller
  5. Dapat melakukan pembayaran tagihan, seperti membayar tagihan listrik, air, telepon dan pembayaran tagihan lainnya.

 

Seperti dikatakan diatas bahwa internet banking sangat dibutuhkan oleh nasabah dalam mempermudah transaksi mereka, pada akhirnya jika internet telah menjawab kebutuhan tersebut, maka akan terciptanya kepuasaan pelanggan terhadap inovasi tersebut. Dan pertanyaan yang timbul adalah seberapa besarkah kepuasaan yang didapatkan pelanggan dari layanan internet banking tersebut. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dilakukanlah Penelitian oleh Emmy Supariyani yang berjudul “Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasaan Pelanggan, Studi Kasus Pelayanan Internet Banking (Klik BCA). Pada penelitian tersebut tahun 2008, beliau membuktikan bahwa Pelayanan Internet Banking memberikan Pengaruh terhadap Kepuasaan Pelanggan secara signifikan sebesar 10%, serta penelitian ini juga menjelaskan bahwa adanya korelasi sebesar r = 0.436 terhadap pada kualitas pelayanan internet banking terhadap kepuasaan pelanggan. Artinya, adanya keeratan hubungan yang sedang dan positif antara kualitas pelayanan Internet Banking dengan kepuasaan pelanggan (nasabah) PT.BCA.

Tidak selamanya Indikator kepuasaan Pelanggan yang dinilai baik menjadi acuan bahwa pelaksanaan internet banking itu sendiri sudah berhasil. Hal terpenting dari sebuah inovasi adalah loyalitas pengguna terhadap fasilitas itu sendiri. Penelitian yang di tulis oleh Yusnaini dalam jurnalnya yang berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Internet Banking Terhadap Kepuasaan dan Loyalitas Konsumen pada Bank Swasta” ingin membuktikan kepuasaan dan loyalitas nasabah itu sendiri dalam menggunakan layanan Internet Banking. Pada penelitian ini juga membuktikan bahwa kualitas pelayanan Internet Banking juga mempengaruhi kepuasaan nasabah serta loyalitasnya terhadap penggunaan internet banking dan loyalitasnya terhadap bank tersebut. Pada penelitian ini juga menjelaskan bahwa kepuasaan pelanggan dan loyalitasnya dipengaruhi oleh Kualitas layanan pada bank, kualitas produk layanan yang ditawarkan ke nasabah dll.

Setelah membahas internet banking dan pengaruhnya terhadap kepuasaan pelanggan, saya akan membahas indicator apa saja yang dipertimbangkan masyarakat dalam penggunaan internet banking itu sendiri. Hal tersebut dibuktikan dan diuraikan oleh Irmadhani dan Mahendra Adhi Nugroho dalam penelitiannya yang berjudul “Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Computer Self Efficacy, terhadap Penggunaan Online Banking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta”. Pada Penelitian ini, peneliti menjelaskan bahwa indicator Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Computer Self Efficacy dapat juga mempengaruhi Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta dalam menggunakan Internet Banking itu sendiri. Hasil Penelitian tersebut menunjukan bahwa Pengaruh Persepsi Kebermanfaatandan Computer Self Efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa menggunakan internet banking, sedangkan Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif, namun tidak signifikan. Artinya, Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta merasa indicator kebermanfaatan dan Computer Self Efficacy sangat mempengaruhi mereka dalam menggunakan internet banking, sebab manfaat dan kepercayaan bahwa internet banking dapat memudahkan semua transaksi yang dibutuhkan oleh nasabah. Namun, justru Persepsi Kemudahan Penggunaan dinilai tidak berpengaruh signifikan sebab penggunaan terhadap layanan tersebut tergolong masih susah diaplikasikan. Untuk hal tersebut, perlu adanya sosialisasi lebih dari bank itu sendiri.

Ternyata Manfaat Internet Banking tidak hanya berhubungan tentang kepuasaan nasabah saja, namun mempunyai peranan penting terhadap suatu perusahaan atau perbankan itu sendiri. Pernyataan tersebut dibuktikan oleh Agung Sugiarto dalam Penelitiannya “Adopsi Internet Banking bagi Keunggulan Performa Perbankan : Sebuah Studi Pada Sektor Perbankan di Indonesia.” Pada penelitian ini menjelaskan bahwa adanya pengaruh adopsi internet banking itu sendiri terhadap keunggulan performa perbankan di Indonesia. Penelitian ini mengambil data berupa laporan keuangan yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia. Hasil Penelitian membuktikan bahwa Adopsi Internet Bankingpada 20 bank yang dijadikan sampel terhadap performa perbankan di Indonesia memiliki pengaruh negative, namun tidak signifikan. Artinya, internet banking belum mempengaruhi performa perusahaan secara besar. Hal ini diakibatkan oleh tingkat penetrasi pasar atas internet banking yang tidak terlalu besar, sehingga internet banking pun belum dapat menjangkau seluruh nasabah yang ada.

Internet banking mempunyai peranan penting terhadap suatu bank atau lembaga non bank, bahkan dapat dibandingkan antara internet banking yang dilakukan oleh suatu bank dan lembaga keuangan lain. Pernyataan diatas dibuktikan oleh Ana Dwi Pertiwi dan Dr.Ir.Budi Hermana dalam penelitiannya yang berjudul “Comparing Internet Financial Reporting Index Between Bank and Non Bank in Indonesia”. Objek penelitian tersebut diambil dari 34 institusi keuangan yang terdiri dari 25 bank dan 9 lembaga keuangan bukan bank. Penelitian ini menyoroti tentang apakah semua bank menggunakan Internet Banking dalam Pelaporan Keuangan mereka. Hasil dari penelitian tersebut semua sampel memiliki Website dan menyebarluaskan laporan keuangan mereka serta adanya perbedaan indeks pelaporan keuangan menggunakan internet antara bank dan lembaga keuangan non bank di Indonesia. Perbedaan indeks tersebut didapatkan dari hasil perhitungan t independent sampel.

Rangkuman Review Jurnal:

Dari empat dari lima jurnal yang sudah saya review diatas, variable yang banyak digunakan adalah Intenet banking dan Pengaruhnya terhadap kepuasaan pelanggan. Bahwa ternyata keempat jurnal tersebut secara langsung mauun tidak langsung, ikut menyoroti pengaruh internet terhadap kepuasaan dan perilaku pelanggannya. Jurnal ini juga sekaligus ingin mengetahui tanggapan masyarakat terhadap internet banking dan apa yang harus dilkukan oleh bank itu sendiri agar terus meningkatkan dan terus melakukan sosialisasi terhadap penggunaan Internet Banking itu sendiri. Sedangkan untuk metode analisis yang digunakan oleh kelima jurnal tersebut adalah Analisis Regresi Linier Berganda yang menyatakan satu variable dependen dan banyak variable independen. Teknik analisis yang digunakan kelima jurnal tersebut sebagian besar menggunakan sampel uji t, korelasi product moment person, dan rumus Alpha Cronbach.

Daftar Pustaka

Supriyani, Emi & Tony. (2008). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah RanggaGading Volume 8 N0.1, April 2008 : 37-43

Adhi, Mahendra Nugroho & Irmadhani. (2012). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Computer Self Efficacy terhadap Penggunaan Online Banking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Universitas Yogyakarta Vol.1 No.3

Dwi, Ana Pertiwi & Dr.Ir. Budi Hermana. (2013). Comparing Internet Financial Reporting Index Between Bank and Non Bank in Indonesia. Journal Internet Banking and Commerce, August 2013, Vol.18, No.2.

Yusniani. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan Internet Banking terhadap Kepuasaan dan Loyalitas Konsume pada Bank Swasta. Jurnal Dinamika Akuntansi Vol.2 No.1 Maret 2010, 1-9

Sugiarto, Agung. (2012). Adopsi Internet Banking bagi Keunggulan Performa Perbankan : Sebuah Studi pada Sektor Perbankan di Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi Vol 4, No.1, Maret 2012, pp. 13-19

http://barutau.com/manfaat-internet-banking.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s