Pengantar Bank Syariah (Review Pertemuan ke 2)

Pada ulasan kali ini, saya akan membahas mengenai pengantar bank syariah, terlebih dahulu kita membahas mengenai pengertian bank dan fungsi bank itu sendiri.

Pengertian bank

Menurut Undang-Undang RI No 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada bentuk kredit dan/ atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat

 

Fungsi bank yang paling utama adalah bagaimana bank dapat memperoleh sumber dana dari surplus unit dan selanjutnya dana tersebut dialokasikan atau disalurkan lagi ke defisit unit atau yang memerlukan pembiayaan bank.

Berikut skema gambar yang membuktikan fungsi bank sebagai perantara keuangan.

Image

Setelah mengulas sedikit tentang pengertian dan fungsi bank diatas, sekarang kita akan lebih menyoroti mengenai perbankan syariah di Indonesia. Menurut (sk dari bank Indonesia belum dicari), menyatakan bahwa bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan Prinsip Syariah dan menurut jenisnya terdiri atas Bank Umum Syariah dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.

Fungsi bank syariah tidak jauh berbeda dengan fungsi bank konvensional pada umumnya, hanya pada proses kegiatan usahanya berdasarkan Prinsip Syariah, termasuk pada use of funds dan sources of funds. Berikut penjelasan tentang Sources for Funds pada Bank Syariah:

1. Prinsip Wadiah (untuk Giro dan Tabungan)

  • Merupakan Wadi’ah Yad Dhamanah
  • Keuntungan dan kerugian menjadi hak milik dan ditanggung bank
  • Pemilik dana tidak memperoleh imbalan atau kerugian
  • Bank dapat memberikan bonus

2. Prinsip Mudharabah

  • Mudharabah Mutlaqah (Tabungan dan Deposito)

= Tidak ada pembatasan bagi bank dalam menggunakan dana yang dihimpun.

  • Mudharabah Muqayyadah (Restricted Investment)

= Pemilik dana menetapkan syarat penyaluran dana.

 

Berikut ini pula macam-macam Use for Funds pada bank syariah:

1. Prinsip Jual beli (Bai)

  • Murabah
  • Salam
  • Istishna

2. Prinsip Sewa Beli (Ijarah Wa Iqtina)

3. Prinsip Bagi Hasil (Syirkah)

  • Musyarakah
  • Mudharabah Mutlaqah
  • Mudharabah Muqayyadah
  • Prinsip Pembiayaan lain
  • Qardh (Dana Talangan)
  • Hiwalah (Anjak Piutang)
  • Rahn (Gadai)

 

Pada penjelasan diatas, membuktikan bahwa kegiatan yang dilakukan bank konvensional, yaitu Use for funds & Sources of Funds dapat dilakukan juga oleh bank syariah. Bank syariah juga memiliki infrastruktur yang memungkinkan para pembeli surat berharga dan para pembeli valuta asing juga dapat melakukan hal tersebut dengan tetap menggunakan syariat islam sebagai pedoman utama dalam melakukan transaksi jual beli tersebut.

 

Berikut ini infrastruktur yang disediakan pemerintah dalam memajukan perbankan syariah di Indonesia:

  • Pasar Uang Antar Bank berdasarkan prinsip syariah (PUAS)

Pengertian PUAS adalah tempat pertemuan abstrak dimana para pemilik dana jangka pendek dapat menawarkan surat berharga yaitu Sertifikat Investasi Mudharabah Antarbank, yang singkat IMA ini adalah sertifikat uang diterbitkan oleh bank syariah (Pengelola Dana) yang dapat dibeli oleh bank syariah lain ataupun bank konvensional (Penanam Dana).

  • Surat Wadiah Bank Indonesia (SWBI)

Pengertian Surat Wadiah Bank Indonesia adalah sertifikat yang diterbitkan Bank Indonesia sebagai bukti penitipan dana berjangka pendek dengan prinsip wadiah. Berikut skema pencairan dana dan penitipan dana SWBI :

Image

KET : bonus ini digunakan sebagai acuan tingkat indikasi imbalan PUAS; Rata-rata tertimbang indikasi imbalan sertifikat IMA

Image

Namun, beberapa hal yang membedakan antara sistem perbankan konvensional dengan sistem perbankan syariah yang salah satu contohnya adalah menentukan keuntungan yang dapat kita peroleh atas surat berharga yang kita miliki. Pada bank konvensional, keuntungan akan diperoleh dari bunga yang telah disepakati oleh dua pihak atau lebih sebagai  “imbalan” atas kepemilikan surat berharga tersebut.

Demikian review saya mengenai pengantar bank syariah kali ini…

Sumber : Slide Pengantar Bank Syariah Budi Hermana

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s