Analisis Mengenai Konsep Flow dan Leakage dalam Aliran Ekonomi

UAS TEORI EKONOMI 1

Analisis Mengenai Konsep Flow dan Leakage dalam Aliran Ekonomi

Image

disusun oleh :

Eka Vidiaztuti Untari

22212420/SMAK-06/03

Pada analisis kali ini, akan membahas tentang konsep flow dan leakage dalam aliran ekonomi. Konsep ini pun terkait dengan tabungan dan investasi yang dilakukan oleh ekonomi 2 sektor. Terlebih dahulu kita akan membahas dampak investasi dan tabungan itu sendiri terhadap sektor rumah tangga yang nantinya akan membuat leakage (kebocoran) dalam aliran ekonomi. Kejadian itu disebut flow dalam aliran ekonomi. Pada analisis diagram melingkar digunakan konsep aliran (flow) pendapatan atau  konsumsi. Diagram aliran melingkar dengan memperlihatkan adanya tabungan dapat digambarkan sebagai berikut :

Image

Dari gambar diatas terlihat hubungan antara pendapatan, konsumsi dan tabungan dapat dituliskan sebagai Y = C + S. Dengan adanya tabungan berarti pengusaha membayar konsumen untuk pembelian faktor produksi (Y) lebih besar daripada yang diterima dari konsumen untuk pembelian barang dan jasa (C). Dengan kata lain, biaya pembelian faktor produksi lebih besar dari hasil penjualan barang, sehingga ada sebagian barang yang tak terjual (ada persediaan barang). Untuk menghadapi keadaan ini, produsen dapat melakukan dua hal, yaitu:

  1. Menurunkan harga
  2. Mengurangi produksi sampai sejumlah yang dibeli oleh konsumen

Kedua tindakan tersebut dapat mengurangi pendapatan pada produsen. Penurunan pendapatan ini akan berjalan terus sampai pendapatan (Y) = konsumsi (C), yakni tabungan (S) kembali sama dengan nol.

Dari analisis diatas nampaknya tabungan menyebabkan kontraksi kegiatan ekonomi. Tetapi di dalam kenyataannya tidak selalu demikian konsumen tidak menabung uangnya didalam lemari atau dibawah bantal. Dengan adanya lembaga keuangan (bank misalnya) konsumen menabung uangnya disana, kemudian oleh bank dipinjamkan kepada produsen untuk investasi. Pengertian investasi adalah pembelian barang modal, yakni barang yang dipakai untuk menghasilkan barang lain. Kenaikan investasi dapat mendorong kenaikan pendapatan. Apabila tabungan (S) merupakan kebocoran (leakage) dari aliran melingkar, maka investasi (I) merupakan injeksi ke dalam aliran melingkar tersebut. peranan investasi dalam aliran melingkar dapat digambarkan sebagai berikut:

Image

Injekasi dana investasi memungkinkan produsen menghasilkan barang dan jasa lebih banyak. Untuk itu dia akan membeli faktor produksi yang lebih banyak juga. Sebagai hasilnya pendapatan yang diterima oleh konsumen meningkat. Kenaikan pendapatan konsumen tersebut akan mendorong mereka menambah konsumsi, tabungan dan keduanya. Posisi keseimbangan akan tercapainya manakalanya besarnya injeksi (investasi) sama dengan kebocororan (tabungan).

Sumber : http://www.slideshare.net/adeiraputra/modul-2-model-arus-lingkar-pendapatan-dan-pembayaran , Buku Teori Ekonomi Makro, Penerbit : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s