Analisis Mengenai Konsep Ekonomi 2 Sektor (Rumah Tangga & Perusahaan)

UAS TEORI EKONOMI 1

Analisis Mengenai Konsep Ekonomi 2 Sektor (Rumah Tangga & Perusahaan)

Image

disusun oleh :

Eka Vidiaztuti Untari

22212420/SMAK-06/03

Di dalam ilmu ekonomi, kita mengenal istilah ada 2 konsep ekonomi yaitu Konsep 2 Pelaku Ekonomi dan Konsep 4 Pelaku Ekonomi. Pada analis kali ini, saya akan membahas konsep dua pelaku ekonomi. Konsep 2 pelaku ekonomi merupakan suatu konsep yang terjadi antara sektor rumah tangga dengan sektor perusahaan yang terjadi dalam dunia usaha. Berikut ini adalah alur/circular flow konsep 2 pelaku ekonomi :

Image

Circular Flow Ekonomi 2 Sektor

Pada gambar diatas, terlihat jelas pada siklus ini bahwa terjadi interaksi antara sektor rumah tangga dan sektor perusahaan. Interaksi yang dimaksud berawal pada aliran 1 diatas dimulai yang menjelaskan sektor rumah tangga memberikan faktor produksi yang dibutuhkan oleh dunia usaha untuk melakukan produksi. Faktor produksi yang dimaksud adalah kesediaan untuk bekerja (Tenaga Kerja). Setelah faktor produksi yaitu tenaga kerja sudah diserap oleh perusahaan, perusahaan harus menunaikan kewajiban kepada tenaga kerja yaitu tanggung jawab dan tugasnya. Tak lupa juga perusahaan juga harus memberikan haknya berupa memberikan balas jasa, berupa gaji atau upah sehingga terjadilah feedback dari aliran 1.

Siklus ini terus berlanjut pada aliran 2 (Pasar Produk), dimana faktor-faktor produksi yang dibeli oleh perusahaan, seperti tenaga kerja dan bahan baku, yang dibeli oleh sektor perusahaan diproses menjadi output berupa barang dan jasa yang siap dijual pada sektor rumah tangga. Pada saat itulah terjadi aliran barang dan jasa. Setelah barang dan jasa sudah dihasilkan dan siap dipasarkan kepada konsumen, terjadilah proses konsumsi rumah tangga. Proses konsumsi rumah tangga disini adalah terjadi pembelian yang dilakukan oleh sektor rumah tangga terhadap barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Terjadinya proses komsumsi rumah tangga ini dijelaskan pada alur balik / feedback aliran 2. Namun, pada alur balik dari aliran 2, sering terjadi masalah bila konsumsi yang dilakukan oleh sektor rumah tangga tidak besar sehingga menyebabkan laba perusahaan terjadi penurunan. Hal ini dapat terjadi disebabkan jumlah pendapatan yang didapatkan dari perusahaan yang tidak mencukupi untuk memenuhi konsumsi rumah tangga tersebut. Untuk menyiasati kejadian tersebut, biasanya sektor rumah tangga mengurangi konsumsi rumah tangganya atau mencari diversifikasi terhadap produk yang dibutuhkan.

Sumber : Buku Teori Ekonomi Mikro, Penerbit : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s