Analisis Mengenai Konsep Budget dan Kepuasaan Optimal

UAS TEORI EKONOMI 1

Analisis Mengenai Konsep Budget dan Kepuasaan Optimal

Image

disusun oleh :

Eka Vidiaztuti Untari

22212420/SMAK-06/03

Konsep Budget dan Kepuasaan Optimal adalah dua konsep yang saling berdiri sendiri namun saling berkaitan satu sama lain. Pada analisis kali ini, saya akan menjelaskan tentang keterkaitan antara kedua konsep tersebut. Namun, sebelum menjelaskan keterkaitan dua konsep tersebut, terlebih dahulu kita lihat dua konsep tersebut berdasarkan definisinya.

Konsep Budget atau yang lebih dikenal dengan garis anggaran (Budget Line) adalah konsep yang dijelaskan pada kurva yang menunjukkan kombinasi konsumsi dua macam barang yang membutuhkan biaya (anggaran) yang sama besar. Agar dapat dipahami, kita dakan membuat sebuah permisalan atau sebuah contoh. Misalnya : gars anggaran disimbolkan sebagai BL, sedangkan harga sebagai P (Px untuk barang X dan Py untuk barang Y) dan jumlah barang yang dikonsumsi adalah Q (Qx untuk barang X dan Qy untuk barang Y), maka akan dihasilkan fungsi sebagai berikut:

                           BL = Px.Qx + Py.Qy……………………… (1)       

 

Pada kurva garis anggaran (BL) mempunyai kemiringan seperti kurva lainnya pada ekonomi. Kurva BL memiliki kemiringan (slope) negatif yang merupakan rasio Px dan Py. Berikut ini contoh kurva garis anggaran (BL) :

Image

Dari kurva diatas dapat disimpulkan :

Px.X1 + Py.Y1 = Px.X2 + Px.Y2 = Px.X3 ­+ Px.Y3

Ternyata, pada kenyataannya konsep budget/garis anggaran tidak selalu seperti kurva diatas. Garis anggaran dapat berubah yang dapat menghasilkan garis anggaran baru. Perubahan yang terjadi pada garis anggaran dipengaruhi oleh : perubahan harga dan perubahan pendapatan.Berikut penjelasan tentang pengaruh perubahan harga terhadap garis anggaran :

  • Berikut penjelasan tentang pengaruh perubahan harga terhadap garis anggaran :
  • ImageImage

Pada gambar pertama, menunjukkan bahwa terjadi penurunan garis anggaran ditandai dengan garis anggaran yang membuat garis ke arah dalam. Hal itu terjadi disebabkan oleh menurunnya daya beli masyarakat terhadap suatu produk. Harga yang naik serta kualitas yang memburuk menjadi faktor penyebab garis anggaran membentuk garis baru yang memiliki luas lebih kecil dibanding sebelumnya. Sedangkan pada gambar kedua, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap garis anggaran yang ditandai dengan garis anggaran baru ke arah luar (melewati garis anggaran sebelumnya). Hal ini terjadi disebabkan oleh meningkatnya daya beli masyarakat terhadap suatu produk. Harga yang relatif turun, kualitas yang baik, serta adanya produk lain yang hampir sama fungsinya namun memiliki harga yang lebih murah ternyata penyebab terjadinya meningkatnya daya beli masyarakat. Sedangkan pada gambar kedua, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap garis anggaran yang ditandai dengan garis anggaran baru ke arah luar (melewati garis anggaran sebelumnya). Hal ini terjadi disebabkan oleh meningkatnya daya beli masyarakat terhadap suatu produk. Harga yang relatif turun, kualitas yang baik, serta adanya produk lain yang hampir sama fungsinya namun memiliki harga yang lebih murah ternyata penyebab terjadinya meningkatnya daya beli masyarakat.

  • Berikut penjelasan tentang pengaruh perubahan pendapatan terhadap garis anggaran

:Image

Menurut gambar disamping, menunjukkan bila pendapatan naik berarti daya beli akan meningkat, maka akan terbentuk garis anggaran baru dari Y2 menjadi  menjadi Y­1. Begitupun sebaliknya, bila pendapatan turun berarti daya beli akan menurun, maka akan terbentuk garis anggaran baru dari Y2 menjadi  menjadi Y­3. Setelah menjelaskan tentang konsep budget/ budget line, pada paragraf ini akan menjelaskan tentang kepuasaan optimal dan keterkaitan antara kedua konsep tersebut. Kepuasaan optimal merupakan rasa seseorang yang merasa puas terhadap sesuatu barang dan jasa. Menurut buku teori ekonomi, keterkaitan antara kedua konsep disebut Kondisi Keseimbangan. Kondisi keseimbangan adalah kondisi dimana konsumen mencapai tingkat kepuasaan tertinggi akan suatu barang atau jasa dengan anggaran seminim-minimnya.

Image

Pada kurva diatas, menggambarkan maksimalisasi kepuasaan. Kemampuan untuk memenuhinya dinotasikan dengan garis BL. Karena itu, tingkat kepuasaan yang tertinggi yangg dapat diperoleh dengan adalah di titik E, tempat persinggungan antara garis anggaran (BL) dan kurva indeferen (IC3). Artinya, konsumen akan mendapat kepuasaan optimal jika dia dapat memenuhi kepuasaannya sesuai seleranya (Kurva Indeferen) dengan pendapatan yang dia miliki (Budget Line).

Sumber : Buku Teori Ekonomi Mikro, Penerbit : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s