Pembangunan Daerah untuk Memajukan Perekonomian Indonesia

Pemekaran Papua Jalan Pintas Mempercepat Pembangunan Daerah

OPINI | 11 March 2013 | 22:37  Dibaca: 249     Komentar: 0     Nihil

Prop. Papua Barat

Ditinjau dari provinsi Papua Barat yang ber ibukota Manokwari dengan luas daerahnya 115.363,50 km2 setelah memekarkan diri dari wilayah Papua. Menjadi provinsi Indonesia ke-31 pada tanggal 21 November 2001.

Dengan Otsus ( otonomi khusus ) sudah ada kelihatan perkembangan perekonomian daerahnya. Mungkin untuk kedepannya Papua Barat akan terus mengejar dan suatu saat nanti daerah ini optimis akan menjadi provinsi teratas tingkat perekonomian di Indonesia.Sekarang Papua Barat sudah tersohor kemancanegara lainnya, karena terkenal dengan tempat pariwisata daerah, seperti contohnya : keindahan pulau – pulau diKepulauan Kab. Raja Ampat yang memukai dan memikat turis untuk berliburan kesana.

Pemekaran wilayah bertujuan untuk sebagai salah satu langkah cepat atau solusi memajukan kawasan Indonesia yang luas daerahnya, supaya tidak ketinggalan dari daerah lainnya.

Oleh sebab itu, pemekaran di wilayah Papua dengan adanya Otsus (OtonomiKhusus) daerah, merupakan cara yang terbaik untuk mempercepat perkembangan perekonomian masyarakatnya, demi untuk pembangunan kawasan timur wilayah Indonesia.

Dengan adanya Otsus dan pemekaran wilayah , pembangunan kawasan Indonesia Timur khusus nya Papua, dapat dilakukan secara merata. Karena masing-masing Provinsi yang dimekarkan dapat mengajukan anggaran untuk pembangunan daerahnya.

Opini Saya :

Dari artikel diatas, sejauh ini sudah ada sedikit kesadaran pemerintah dalam membangun daerah daerah yang tertinggal, yang salah satunya termasuk provinsi wilayah Papua. Terbukti dari Otsus yang mulai genjar digalakan dalam membangun Papua. Otsus sangat diperlukan Provinsi Papua karena uang anggaran Otsus diperlukan untuk membangun infrastruktur yang membantu perekonomian masyarakat. Otsus pula digunakan untuk memajukan pariwisata yang ada di papua seperti : raja ampat, sorong dll.

Salah satu ide lainnya dalam membangun ekonomi daerah tertinggal seperti Provinsi Papua adalah pemekaran wilayah, cara suatu daerah untuk membangun ekonominya dengan cara memperluas wilayah dan terus menerus membangun infrastruktur yang pendanaannya berbeda dengan daerah yang sudah maju. Dengan adanya pemekaran wilayah, dana yang digunakan untuk membangun daerahnya jadi jauh lebih banyak sehingga infrastruktur yang dibangun semakin banyak. Namun, ditengah dana yang digelontorkan pemerintah cukup banyak, Otsus dan Pemekaran wilayah sering dijadikan proyek empuk untuk pejabat-pejabat “berkorupsi ria”. Maka dari itu, kita sebagai warga negara yang mendukung perubahan pada daerah tertinggal, mari kita kawal terus upaya pemerintah untuk membangun daerah tertinggal di indonesia demi kesejahteraan masyarakat semua dengan cara menghukum secara tegas pejabat yang korupsi Dana Otsus dan Pemekaran wilayah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s