Analisis Tugas Makalah Pengantar Bisnis

Analisis Tugas  Makalah Pengantar Bisnis

Bisnis Catering

Pada zaman globalisasi sekarang ini, bisnis semakin menjanjikan bagi para orang yang akan memulainya. Mengapa demikian ? sebab bisnis itu dapat menghasilkan keuntungan dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang sehingga dapat mengurangi pengangguran. Banyak orang yang memulai bisnis dengan dana yang sedikit namun mendapat sukses besar dibidang tersebut. Itulah Bisnis Catering.

Menurut Analisis saya, bisnis catering adalah bisnis yang cukup menjanjikan bagi para pemula yang baru memulai bisnis dengan modal yang sedikit tapi menginginkan untung yang besar. Mengapa saya dapat bilang demikian? Sebab menurut saya, bisnis catering dapat dimulai dengan modal yang relatif sedikit dan kemampuan memasak saja. Bisnis ini juga dapat berkembang seiring dengan kebutuhan masyarakat akan makanan yang praktis, ekonomis, higienis dan siap saji yang semakin besar.
Setelah saya menganalisis secara umum tentang bisnis catering, sekarang saya akan membahas lebih mendalam tentang “Promosi” yang salah satu dari aspek “Strategi Pengembangan Pasar”.

Promosi

Promosi sendiri adalah strategi dalam melakukan pemasaran produk dan jasa. Promosi sendiri diartikan teknik menjual produk agar produk tersebut terjual dan konsumen merasa puas terhadap barang tersebut. Pada Bisnis Catering, promosi sangat dibutuhkan sebab pada bisnis ini modal kepercayaan dan rasa sangat berperan dalam peningkatan pesanan dalam Bisnis Catering. Promosi yang banyak dilakukan pada bisnis catering biasanya dari mulut ke mulut. Mengapa? Sebab menurut saya, konsumen biasanya tahu tentang Bisnis Catering yang memiliki makanan yang enak dan cepat dalam melayani pesanan itu justru dari teman, relasi atau kerabatnya sendiri yang sudah pernah memakai jasa Catering tersebut. Promosi “dari mulut ke mulut” cukup ampuh walaupun tidak selamanya promosi ini menjadi “senjata ampuh” dalam memasarkan bisnis ini. Promosi dalam bentuk lain sangat dibutuhkan untuk memajukan Bisnis Catering ini,contohnya : dengan door to door, menyebarkan pamflet, serta melalui social media atau Internet.

Pertama, Promosi secara door to door. Promosi secara door to door bertujuan untuk mengenalkan produk makanan buatan kita sehingga dapat menjaring konsumen baru untuk memakai Jasa Catering kita. Cara pemasaran seperti ini dengan membuat tester untuk dicoba kepada konsumen. Cara ini biasa dilakukan pemilik Bisnis Catering untuk menjaring konsumen yang ada di perkantoran dan perumahan.

Kedua, Promosi dengan menyebarkan pamflet. Cara promosi ini akan berhasil bila dalam pembuatan pamflet tersebut pamfletnya berisi gambar-gambar makanan yang menarik konsumen untuk mencoba, berisi informasi yang penting saja, serta nomor handphone yang dapat dihubungi.

Ketiga, Promosi dengan menggunakan Social media dan Internet. Cara ini dianggap cara yang lebih mudah, murah dan cepat dalam penyampaian promosi kepada konsumen. Cara promosi dengan Social Media hampir mirip dengan cara promosi “dari mulut ke mulut”. Perbedaannya terletak pada media yang digunakan. Social media menyebarkan informasi dengan cara forum “mengobrol” di dunia maya. Social media dianggap cukup ampuh dalam memasarkan Bisnis Catering ini. Sedangkan internet berperan juga dalam mempromosikan Bisnis ini dengan cara kita membuat website yang berfungsi apabila konsumen ingin melihat produk-produk yang kita tawarkan dengan lebih banyak pilihan daripada yang ada pada pamflet. Website tersebut juga harus dapat “didandani” dan “di-maintence” sehingga konsumen tertarik dan menaruh kepercayaan pada Bisnis Catering ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s